Dinas Pangan
dan Pertanian
Kabupaten Batang


KEIKUTSERTAAN PENYULUH PERTANIAN DINAS PANGAN PERTANIAN KABUPATEN BATANG DI SEMINAR KKIN DI SALATIGA

  • Rabu, 2019-07-10
  • 70
  • Posting by BALAI PENYULUHAN PERTANIAN KEC
  • Category : Penyuluhan Pertanian/ Peternakan

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kompetensi penyuluh pertanian di Kabupaten Batang, dengan personil berjumlah 20 orang mengikuti seminar Konser Karya Ilmiah Nasional tahun 2019 di UKSW Kota Salatiga. Seminar ini bertajuk dengan tema " Kesiapan Sumber Daya Pertanian Menghadapi Revolusi 4.0". Acara ini dilaksanakan di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana Kota Salatiga. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa dua juli dua ribu sembilan belas  dan dimulai pukul 08.30 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti acara ini cukup banyak sekitar 600 orang dari berbagai unsur, ada unsur Penyuluh Pertanian, dosen, mahasiswa, insan pertanian dan lain-lain. Narasumber seminar ini sangat berbobot , yaitu dihadiri oleh narasumber dengan Keynote Speaker Bapak Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo, S.H.,M.IP.; Bapak Dr. Ir. Momon Rusmono, MS.; Prof. Dr.Ir. Sunarru Samsi Hariyadi; Ir. Suharto.

Acara ini dilaksanakan dalam rangka menyongsong akan dimulainya atau sudah dimulainya era Revolusi Industri 4.0. Forum-forum perencanaan, penyebaran informasi, dan aksi-aksi di lapangan sangat diperlukan dalam mendukung era tersebut di atas. Forum tersebut bisa berwujud seminar Konser Karya Ilmiah seperti ini. Teknologi, informasi, hasil penelitian perlu dipublikasikan dan dibuktikan atau di tes secara publik ataupun akademik sebelum diaplikasikan di masyarakat. Seperti yang disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah pada acara ini tentang penggunaan Kartu Tani yang diluncurkan dalam upaya menyongsong era Revolusi Industri 4.0 ini.

Perwujudan acara ini dilaksanakan dalam bentuk forum besar seminar. Kemudian dilanjutkan dengan forum-forum kecil penyampaian hasil penelitian atau hasil karya ilmiah dari peserta yang mengikuti menjadi pemakalah. ( Anggi Muhammad Yusri : BPP Pecalungan)