Dinas Pangan
dan Pertanian
Kabupaten Batang


Pelatihan Pemuda Wirausaha Kopi 2019

  • Rabu, 2019-07-31
  • 102
  • Posting by Sub Bag. Program
  • Category : Penyuluhan Pertanian/ Peternakan

 Kegiatan Bidang Perkebunan Dinas Pangan dan Pertanian Kab. Batang tahun 2019

Kegiatan Pelatihan Wirausaha Kopi ini dilaksanakan dalam rangka menunjang program unggulan Bupati Batang yaitu Program 1.000 Pemuda Desa Berwirausaha, kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun dimulai dari tahun 2018 yang lalu dan akan terus menjadi kegiatan unggulan bidang perkebunan untuk tahun-tahun mendatang.

Komoditas kopi memang menjadi salah satu primadona/unggulan dari komoditas perkebunan yang ada di Batang selain teh dan kakao, luas areal untuk komoditas ini mencapai + 1.200 ha. Varietas yang dibudidayakan juga sangat beragam dari jenis arabika, robusta maupun liberika. Tiap tahun tercatat ada + 20 ha pengembangan areal baru, hal ini menandakan komoditas ini sangat digemari masyarakat dan mempunyai potensi besar untuk dikembangkan.

Kegiatan Tahun 2019

Pemuda desa yang produktif dan memiliki jiwa berwirausaha dilatih untuk menjadi seorang wirausahawan yang mandiri, dengan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan dalam hal budidaya tanaman kopi yang baik, pengolahan berbagai produk kopi dan juga pemasarannya. Setelah  mendapatkan pelatihan yang cukup nantinya para pemuda akan difasilitasi dengan pemberian peralatan sebagai modal investasi mereka dalam menekuni usaha ini, diharapkan kedepannya para wirausahawan muda kopi ini dapat mengembangkan usaha kopi ini sehingga dapat meningkat- kan nilai ekonomis tanaman kopi di Kabupaten Batang, hal ini secara langsung dapat berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian di Kabupaten Batang

Kegiatan Tahun 2018