Dinas Pangan
dan Pertanian
Kabupaten Batang


MANGGA KOMBINASI SATU TANAMAN BERBAGAI VARIETAS

  • Rabu, 2019-10-30
  • 150
  • Posting by Imam Tri M.
  • Category : Penyuluhan Pertanian/ Peternakan

Menanam tanaman buah, baik itu di lahan luas, lahan terbatas, maupun lahan sempit adalah hobby yang sangat menyenangkan, selain dapat dijadikan bahan refreshing di kala senggang, dapat pula dijadikan sebagai "obat stress" akibat tekanan pekerjaan maupun masalah lain dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu kendala yang dihadapi oleh para penghobi tanaman buah adalah keterbatasan lahan, khususnya lahan di perumahan di daerah perkotaan. Ruang yang tersedia untuk melakukan hobby menanam tanaman buah kadangkala hanya tersedia dalam space mimimalis, 1x4 meter, 2x3 meter, atau bahkan mungkin hanya 1x1 meter. Keinginan untuk menanam beragam tanaman buah dalam space minimalis tersebut memaksa orang untuk mengefisienkan jumlah tanaman maupun ragam jenis/species tanaman yang dikoleksi. Di sisi lain, jika tersedia lahan yang cukup luas di halaman rumah maupun di kebun, hal di atas tetap menjadi persoalan jika ingin melakukan penambahan jumlah tanaman maupun jumlah varietas tanaman yang ingin ditanam. Suatu saat dalam waktu singkat, penambahan jumlah tanaman maupun varietas tanaman akan menjadi kendala karena pengaturan letak tanaman menjadi lebih sulit, pemeliharaan (pengairan, pemupukan, pemangkasan) yang juga menjadi lebih sulit, belum lagi faktor lingkungan yang kurang mendukung (pemanfaatan air dan sinar matahari kurang optimal, kelembaban yang relatif lebih tinggi akibat populasi yang meningkat, dan sebagainya)
 
Bagi para penghobby tanaman mangga khususnya, munculnya beragam varietas baru mangga hasil introduksi resmi maupun tidak resmi (barang bawaan saat seseorang pulang dari luar negeri) terkadang menimbulkan keinginan kuat untuk menambah jumlah tanaman sekaligus menambah variasi varietas koleksi yang hendak dimiliki. 

Jika luas lahan yang sempit menjadi faktor pembatas sementara keinginan untuk menambah variasi varietas yang ingin dikoleksi sangat kuat, menggabungkan dan mengkombinasikan beberapa varietas mangga dalam satu pohon yang sama adalah solusinya. Dengan menggabungkan dan membuat beragam varietas mangga hanya dalam satu pohon yang sama, orang bisa memiliki lebih dari satu varietas hanya dengan menanam satu pohon saja. Jika dalam satu pohon terdapat tiga varietas yang berbeda, maka dengan menanam 3 pohon saja, orang telah dapat memiliki 9 varietas mangga yang berbeda. Bayangkan jika kombinasinya menjadi 4 atau 5 varietas berbeda dalam 1 pohon, orang langsung bisa memiliki 12 hingga 15 varietas berbeda hanya dengan menanam 3 pohon. Asyik 'kan !! 


Keasyikan itu  semakin  bertambah manakala pohon  mangga kombinasi  tersebut  adalah hasil  karya buatan sendiri, yang dibuat  secara bertahap dalam waktu beberapa minggu, dimulai dari memilih dan menyiapkan bibit batang bawah, menyambung hingga sambungannya jadi. Pada akhirnya  orang akan memiliki tanaman mangga yang beraneka ragam varietasnya hanya dengan menanam satu atau beberapa pohon saja. 

 

Sumber : Leira Buah Tropis

 

Yang tertarik silahkan datang ke BPP Warungasem di Pandansari