Dasar Hukum :

  1. Undang-ungang No. 16 Tahun 2006, tentang Sistem Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan.
  2. Permentan No. 82 Tahun 2013, tentang Pedoman Pembentukan Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani.
Tahapan bagaimana mendaftarkan kelompok tani ke BPP Pertanian yang ada dikelurahan ataupun kecamatan Anda, berikut adalah syarat yang harus disiapkan sebelum mendaftar.
  1. Memiliki minimal 20 Keanggotaan yang terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara serta anggota kelompok tani
  2. Memiliki absesnsi rapat kelompok dan berita acara dalam pembentukanya
  3. Menyiapkan data KTP Ketua, Sekretaris, dan Bendahara
  4. Foto 3x4 masing-masing dua lembar bagi Ketua, Sekretaris, Bendahara

Selanjutnya datang ke BPP di kecamatan dan melakukan pendaftaran, disana akan diberikan blanko yang harus anda isi sesuai data seluruh anggota kelompok tani. Setelah semua terisi dan memberikanya kembali kepada petugas BPP. Tunggu informasi diterima atau tidak. KLIK UNTUK MELIHAT PEMBENTUKAN KELOMPOK TANI

Kelengkapan Dokumen :

  1. Pilih beberaa orang yang menurut Anda orang tersebut bisa bertanggung jawab, dan bisa diatur dalam kelompok nantinya. Karena setiap kelompok tani memilik aturan-aturan yang sudah diputuskan bersama. Maka pilihlah anggota yang bisa bekerja sama dan berani bertanggung jawab
  2. Undang anggota untuk bermusyawarah bersama, guna membahas perencanaan dalam pembentukan kelompok tani yang akan direncanakan. Dari sisi ini anda sudah bisa menilai seberapa rajinkah ereka mau diajak bermusyawarah.
  3. Buatlah absensi rapat yang akan sangat berguna dalam pengurusan administrasi pembentukan kelompok tani.
  4. Buat kesepakatan bersama tentang apa yang akan dibentuk baik dibidang Tan. Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Peternakan dsb. Dan memilih nama kelompok tani sesuai kesepakatan bersama.
  5. Buatlah sebuah komitmen kepada setiap anggota, bahwa dalam sebuah kelompok harus benar-benar mampu bekerja sama dan berani berkorban baik secara materil maupun moril. Dengan demikian kelompok tani akan berjalan optimal sesuai harapan
  6. Kemudian susunan sebuah AD-Art, yang berguna sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai anggota.
  7. Kumpulkan semua kartu penduduk (KTP) anggota. Selain untuk arsip bisa digunakan sebagai syarat-syarat keperluan lainya dalam kelompok tani.
Pembentukan    Dokumen
Peringatan : Apabila kelompok tani belum memiliki berita acara Pembentukan kelompok tani, maka kelompok tani dianggap belum terbentuk.